Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats

Inilah Manfaat Vitamin D yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin D yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Di era modern, kebanyakan orang melakukan pekerjaan mereka di dalam ruangan. Akibatnya, banyak orang jarang terkena sinar matahari, yang merupakan sumber vitamin D. Ini tidak menguntungkan, karena Vitamin D memiliki banyak efek menguntungkan pada tubuh.

Vitamin D paling dikenal karena efek positifnya pada kesehatan tulang. Selain itu, vitamin ini bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit kronis. Beberapa manfaat dari vitamin D seperti di bawah ini.

~ Artikel Dengan Tema Manfaat Vitamin D yang Penting untuk Kesehatan Tubuh - ini Di Tulis Oleh Argono Mustofa S.I.Kom





Vitamin D sangat penting bagi tubuh Anda untuk menyerap kalsium. Nutrisi utama untuk struktur tulang adalah kalsium. Kalsium membantu membuat tulang lebih kuat dan mengurangi risiko patah tulang. Jika Anda tidak memiliki vitamin D yang memadai, Anda tidak akan menghasilkan cukup hormon kalsium untuk menyerap kalsium dari makanan. Tulang Anda akan mulai menjadi lebih lemah ketika kalsium diserap oleh tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan penyakit tulang, seperti osteoporosis dan rakitis. Untuk menghindari hal itu, Anda harus menggunakan vitamin D. Selain kalsium, vitamin ini dapat membantu mengurangi risiko patah tulang.

Di Teruskan Oleh : Cornelia Widya Riyanti ( Membantu Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot )







Penelitian terbaru telah dilakukan yang menghubungkan vitamin D dengan banyak penyakit yang berbeda. Vitamin D sangat penting bagi tulang dan otot. Jika ada penyakit autoimun, yang lebih sering terjadi di kalangan wanita, diketahui bahwa penyakit tersebut dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah. Vitamin D telah terbukti melawan multiple sclerosis serta bertindak sebagai supresan kekebalan tubuh dalam rheumatoid arthritis. Vitamin D penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia sehingga dapat bekerja secara normal untuk memerangi berbagai macam penyakit.

Di Teruskan Oleh : Ani Zulaika ( Mencegah Penyakit Autoimun )







Kekurangan vitamin D sering terjadi pada wanita muda, ibu hamil, dan lansia. Selama kehamilan, wanita berisiko kehilangan kalsium akibat kebutuhan janin dalam kandungan dan karena peningkatan produksi kalsium dalam urin mereka. Ini meningkat seiring dengan usia seorang wanita. Seorang wanita hamil harus memiliki cukup vitamin D saat lahir untuk memastikan bayi memiliki cukup vitamin D selama 4 sampai 6 bulan pertama hidupnya. Studi juga telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah pada wanita hamil terkait dengan peningkatan risiko keguguran seperti preeclampsia, kelahiran prematur, diabetes gestasional, dan infeksi vaginosis bakteri.

Di Teruskan Oleh : Cinta Safina Maryati ( Membantu Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin )







Manfaat lain dari vitamin D yakni mengurangi risiko Anda terhadap penyakit kronis seperti:

  • Kanker
Vitamin D adalah bahan yang diperlukan untuk membantu mencegah kanker di usus besar, prostat, dan payudara. Di sisi lain, hormon aktif vitamin D yang disebut kalcitriol mampu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Hal ini telah terbukti meningkatkan kematian sel kanker, memperlambat perkembangan pembuluh darah baru, dan mengurangi pertumbuhan, penambahan, dan penyebaran sel kanker.

  • Diabetes
Semakin tinggi tingkat vitamin D dalam tubuh Anda, semakin rendah risiko mengembangkan diabetes tipe 2. Ada kadar vitamin D yang tidak mencukupi yang mempengaruhi produksi insulin dan toleransi glukosa. Penelitian telah menemukan bahwa kehadiran cukup vitamin D selama masa kanak-kanak sangat penting untuk mencegah diabetes tipe 1.

  • Stres
Orang percaya vitamin D memainkan peran dalam perkembangan dan fungsi otak. Jika vitamin D tinggi pada seseorang, risiko menderita depresi sangat berkurang. Demikian pula, jika kadar vitamin D di otak rendah, maka ada risiko depresi serta gangguan saraf dan otak. Vitamin D adalah komponen penting lainnya dalam mencegah stres.

Di Teruskan Oleh : Mitra Hardiansyah ( Membantu Mencegah Penyakit Kronis )







Anda dapat mengambil vitamin D dari sumber-sumber berikut untuk menghindari terinfeksi dengan salah satu penyakit yang disebutkan di atas.

  • Sinar Matahari

Ketika sinar matahari memasuki kulit kita, tubuh kita memproduksi vitamin D sendiri. Namun, jangan menghabiskan terlalu lama di bawah sinar matahari, dan jangan lupa untuk memakai tabir surya, sehingga kulit tidak terbakar. Bahkan, berenang di bawah sinar matahari diketahui meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mencegah penyebaran coronavirus, itu telah dilakukan untuk alasan yang begitu banyak orang yakin.

  • Makanan

Selain dibentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan, misalnya ikan berminyak (salmon, sardin, makarel), telur, susu, jamur, hati sapi, minyak ikan cod, ikan tuna, dan yogurt.
Konsumsilah makanan dengan nutrisi seimbang dan berjemur di bawah matahari pada pagi hari, agar tubuh Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin D secara maksimal. Namun, cobalah berolahraga secara teratur untuk memastikan kesehatan Anda selalu dalam kondisi baik.

Di Teruskan Oleh : Yoga Damanik ( Mendapatkan Vitamin D secara Alami )