Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stats

18 Resep Soto Paling Populer yang Enak, Segar dan Bikin Nagih

The Most Popular Soto Recipe

Soto ialah makanan ciri khas Indonesia seperti sop yang dibuat dari kaldu daging dan sayur. Daging yang tersering dipakai ialah daging sapi dan daging ayam, tapi ada juga yang memakai daging kuda atau daging kambing. 

Beragam wilayah di Indonesia mempunyai soto ciri khas wilayahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda, misalkan Soto Madura, Soto Kediri, Soto Pemalang, Soto Lamongan, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Sauto Tegal, Sroto Sokaraja, Sroto Kriyik, Sroto Bancar, Soto Banjar, Soto Medan, Coto Makassar, dan Coto Kuda Jeneponto. Soto dinamakan sama sesuai didalamnya, misalkan Soto ayam, Soto babat, atau Soto kambing. Ada juga soto yang dibikin dari daging kaki sapi yang disebutkan dengan soto sekengkel.

Langkah penyuguhan soto berbeda sesuai ciri khas setiap wilayah. Soto biasa disajikan dengan nasi, lontong, ketupat, mie, atau bihun. Untuk menambahkan cita-rasa dan kesedapan, umumnya dibarengi dengan beragam jenis pendamping, misalkan krupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambah telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, beragam jenis gorengan (tempe, tahu, bakwan), bawang goreng, seledri, tauco, dan koya.

~ Artikel Dengan Tema Soto - ini Di Tulis Oleh Ulya Halimah





Soto Madura

Soto ini berasal dari wilayah Madura, Jawa Timur dengan bahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam seperlunya.

Langkah membuat dengan rebus daging sapi sama air seperlunya sampai matang(sisihkan).Tambahkan bumbu yang sudah dilumatkan bersama serei di dalam kaldu daging, diolah sampai kuah mendidih.Kuahnya diberi daun bawang, daun seledri dan bawang goreng campur sedikit bawang putih.disajikan bersama sambal soto dan potongan jeruk nipis.

Di Teruskan Oleh : Anita Hesti Wulandari ( Soto Madura )







Soto ini makanan khas Kota Kediri, Jawa Timur. Soto ini sepintas sama dengan soto ayam biasa, tapi berkuah santan hingga berasa gurih. Soto Kediri banyak dipasarkan di area Terminal Tamanan, Mojoroto, Kota Kediri, karena dipasarkan didaerah tamanan semenjak 1969, hingga soto ini disebutkan Soto Tamanan. Soto ini juga dikenal sebagai Soto Bok Ijo karena dahulunya sering dijumpai disekitaran sebuah jembatan hijau yang disebutkan Bok Ijo. Jembatan itu sekarang beralih menjadi pertigaan di timur Terminal Tamanan.

Di Teruskan Oleh : Rachel Dian Fujiati S.Sos ( Soto Kediri )







Soto Pemalang

Soto khas Pemalang atau Soto grombyang ini punya racikan soto yang agak berbeda dengan daerah lain di Jawa Tengah. Jika kebanyakan sotonya terbuat dari daging ayam dengan kuah bening, soto ini jauh lebih pekat karena memakai tauco dan keluwak hingga pekat gurih kaldunya. Ditaburi kelapa sangrai rasanya gurih krenyes.

Di Teruskan Oleh : Jane Fujiati S.Farm ( Soto Pemalang )







soto lamongan

Soto khas Lamongan, Jawa Timur, yang saat ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Soto Lamongan adalah salah satu soto paling gurih karena mempunyai ciri khas koya udang yang tidak di miliki oleh soto lainnya. Kenikmatan inilah yang menjadikan soto lamongan terkenal di Indonesia

Di Teruskan Oleh : Simon Siregar M.Kom. ( soto lamongan )







Soto Jepara

Soto Jepara adalah masakan khas dari Jepara. Sekilas soto ini seperti soto ayam biasa, tetapi soto ini memiliki cita rasa yang gurih yang tidak bisa ditemui pada soto ayam lain. Perbedaan terbesar soto Jepara dengan soto ayam biasa, terletak pada kuah sotonya.

Perbedaan soto ayam Jepara dengan soto ayam Kudus atau soto ayam Semarang adalah adanya kucai di dalam soto ayam Jepara. Soto Jepara bisa ditemui di warung-warung yang ada di Kabupaten Jepara, terutama di kawasan Kecamatan Tahunan, Kecamatan Mayong, Kota Jepara.

Di Teruskan Oleh : Warji Mulyono Suwarno S.Farm ( Soto Jepara )







Soto Semarang

Soto Semarang atau yang sering disebutkan dengan soto bangkong, sebagai sajian ciri khas Semarang, Propinsi Jawa tengah. Disebutkan soto bangkong, karena datang dari nama tempat pertama kalinya dibikinnya soto ini. Persisnya dalam suatu perempatan, di mana pada tempat itu ada beberapa bangkong yang bila disimpulkan ke bahasa Indonesia yakni kodok. 

Ini sebagai salah satunya sajian yang cukup legendaris karena sudah ada semenjak 6 dasawarsa lalu. Cita-rasa yang unik membuat soto Semarang ini disukai dari beragam kalangan. Adapun beberapa hal yang membuat jadi lebih sedap dibanding dengan soto yang lain ialah pemakaian daging ayamnya. 

Soto Semarang ini memakai dagin ayam kampung yang membuat kuah soto jadi lebih gurih.

Di Teruskan Oleh : Alambana Sihombing M.Kom. ( Soto Semarang )







Soto Kudus

Soto Kudus ialah soto yang dari Kudus, Jawa tengah. Soto kudus, hampir serupa dengan soto Lamongan, soto kudus berisi suwiran ayam dan taoge. Kadang soto kudus memakai daging kerbau. Kuahnya lebih bening.

Soto kudus dalam penyuguhannya mempunyai tradisi disajikan dalam mangkok kecil untuk satu porsi soto. Persis dengan soto yang lain, soto kudus didampingi sambal dan jeruk nipis. Sajian soto Kudus bukan hanya bisa diketemukan di Kudus, saat ini dapat juga dijumpai di beberapa kota di Indonesia.

Di Teruskan Oleh : Parman Sihombing ( Soto Kudus )